Hasil Final Copa America 2016: Argentina vs Chile 2-4, Lionel Messi Gagal Penalti!

Kegagalan penalti Lionel Messi dan Lucas Biglia mewarnai kemenangan La Roja di MetLife Stadium, East Rutherford, New Jersey pada Senin (27/6). Skor Chile vs Argentina ini memastikan, untuk ketiga kalinya secara beruntun Argentina gagal di final. Sementara Chile, sukses mempertahankan gelar yang didapatkan tahun lalu.
Drama di laga final sudah dimulai ketika belum genap semenit, Ever Banega sudah mengirim tembakan dari jarak 25 yard yang masih melebar. Dipanasi oleh hal ini, Chile seperti biasa memeragakan permainan keras mereka yang cenderung kasar. Lionel Messi sempat menghilang selama 15 menit, tetapi kontribusi pertamanya adalah membuat Marcelo Diaz mendapatkan kartu kuning karena melanggarnya.

Sementara Angel Di Maria terlalu egois di sisi kiri, Gonzalo Higuain melanjutkan misterinya di laga final. Gary Medel salah mengantisipasi umpan, lantas bola diserobot El Pipita. Seluruh dunia menyangka Higuain bakal mencetak gol karena tinggal satu lawan satu dengan Claudio Bravo. Namun, bola chipnya masih menyamping
Menit 25, Lionel Messi mengirim umpan tendangan bebas yang ditanduk Nicolas Otamendi. Bola hanya mengenai sisi gawang. Tiga menit kemudian, prahara terjadi. Messi diganjal oleh Diaz sekali lagi. Memang pelanggaran. Namun wasit sedikit berlebihan dengan memberi kartu kuning kedua dan mengusir sang gelandang bertahan.

Kartu kemudian berhamburan. Javier Mascherano dan Arturo Vidal menerima kartu kuning karena sengketa. Messi yang terjatuh di kotak penalti, dihadiahi hal sama karena aksinya dianggap teatrikal oleh wasit. Belum cukup, menit 43, wasit kembali mengambil keputusan kontroversial. Ia mengusir langsung Marcos Rojo karena pelanggaran terhadap Vidal. Lagi-lagi, memang pelanggaran. Namun rintihan berlebihan Vidal sukses memancing wasit bertindak lebih jauh.
Paruh kedua, Tata Martino mencopot Di Maria dan memasukkan Matias Kranevitter. Argentina memakai empat gelandang tengah untuk memenangi duel di tengah lapangan. Chile sempat mengancam via tendangan Mauricio Isla yang melebar menit 56. Kebekuan terus merayap. Sementara Lionel Messi yang dikepung oleh empat hingga enam pemain lawan terus berusaha melakukan dribble khasnya seorang diri.

Bantuan datang untuk Argentina ketika Sergio Aguero masuk. Namun Chile yang punya peluang mematikan ketika Eduardo Vargas dari posisi sulit bisa menembak ke gawang Sergio Romero di menit 80. Selang empat menit, kesempatan datang lagi ketika Messi mengumpan untuk Aguero. Tapi tembakan sang rekan duet terbang ke langit.
Chile nyaris menciptakan gol pula ketika Lucas Biglia sukses melakukan sentuhan penting menjauhkan bola dari Alexis Sanchez yang hendak menembak. Skor 0-0 merambat hingga babak perpanjangan waktu. Dan peluang terus berdatangan. Setelah Edu Vargas hanya bisa menembak bola tepat ke tangkapan Romero yang terbang, Aguero nyaris memecahkan telur. Bola kiriman Lionel Messi ditanduknya. Tapi ada Bravo yang melakukan penyelamatan super di menit 99.

Tidak ada gol selama 120 menit, dan seperti final Copa America tahun lalu, adu penalti dilakukan. Tendangan pertama diambil oleh Arturo Vidal, dan dia gagal. Bola ditebak Romero dengan prima. Tembakan Lionel Messi juga terbang. Eksekusi kedua oleh Nicolas Castillo masuk. Javier Mascherano sukses menyamakan skor.
Charles Aranguiz sukses, begitu pula Sergio Aguero. Jean Beausejour mencetak penalti keempat. Lucas Biglia gagal. Eksekutor terakhir Chile, Francisco Silva mengirim La Roja memenangi adu penalti ini jadi 2-4. Untuk kedua kalinya Argentina gagal di final Copa America, dan untuk kesekian kalinya Lionel Messi tak bisa membawa piala.

ARGENTINA (4-3-3): Romero; Mercado, Otamendi, Funes Mori, Rojo; Biglia, Mascherano, Banega (Lamela 110); Messi, Di Maria (Kranevitter 57), Higuain (Aguero 70)
CHILE (4-3-3): Bravo; Isla, Medel, Jara, Beausejour; Vidal, Diaz, Aranguiz; Fuenzalida (Puch 80), Sanchez (Silva 103), Vargas (Castillo 108).
Kartu Merah: Marcos Rojo 43 (Argentina) Marcelo Diaz 28 (Chile)

acb-2011.org nomor togel hongkong Sumber: Sidomi