Real Madrid Turut Nikmati Uang Transfer Gonzalo Higuain ke Juventus

Madrid yang pernah memiliki El Pipita memperoleh 2,25 juta Euro dari total transfer sang penyerang Argentina yang memecahkan rekor transfer di Liga Italia sebesar 90 juta Euro. Mengapa bisa demikian? Jawabannya ada pada aturan kompensasi pembinaan oleh FIFA.
Datangnya Gonzalo Higuain ke Juventus disambut gembira oleh fans di Turin. Pasalnya, kini Juve tampak selangkah lebih jauh untuk memenuhi ambisi menjuarai Liga Champions. Namun bukan fans Juve saja yang tertawa girang. Para petinggi Real Madrid di Santiago Bernabeu juga tertawa, meski tak selebar mereka.
Apa lagi penyebabnya kalau bukan penghasilan cuma-cuma dari pergerakan transfer ini. Dalam aturan FIFA, 5 persen dari total transfer seorang pemain, harus dibagikan secara proporsional kepada klub yang membina sang pemain di usia 12 tahun hingga 23 tahun. Artinya, 5 persen dari 90 juta Euro yang dikeluarkan Juventus untuk Higuain, tidak akan jadi milik Napoli, tetapi dibagi kepada klub-klub yang pernah melatih El Pipita.

Lalu bagaimana dengan distribusi 5 persen tersebut? Dalam Pasal 21 Regulasi Tentang Status dan Transfer Pemain, disebutkan bahwa klub-klub yang yang memiliki sang pemain di usia 12 hingga 15 tahun, akan menerima 0,25 persen dari transfer berdasarkan jumlah tahun sang pemain di klub tadi. Sementara, klub-klub yang memiliki pemain tersebut pada usia 16 hingga 23 tahun, memperoleh 0,5 persen yang juga dihitung berdasarkan lama tahun sang pemain di klub tadi.
Gonzalo Higuain berada di Real Madrid pada usia 19 hingga 23 tahun. Itu artnya sama dengan lima tahun. Oleh karenanya, Los Blancos mendapatkan 5 x 0,5 persen sehingga muncul angka 2,5 persen dari total transfer El Pipita ke Juventus. Kemudian, kompensasi ini dibayar 30 hari setelah registrasi Higuain di Juventus.
Bagi Real Madrid, angka 2,25 juta Euro tersebut mungkin angka kecil. Namun lumayan, daripada tidak memperoleh kompensasi apa-apa dari transfer termahal di Liga Italia hingga saat ini.

acb-2011.org live casino Sumber: Sidomi